bercerita tentang hari ini.

Bismillahirohmanirohim.. mau cerita tentang HARI INI🙂
hmhmhm…
dimulai dengan bangun pagi dengan mata yang begitu asem karna malamnya gue tidur jam setengah 2, gue lupa apa iah yang gue oprek sampe gue tidur jam segitu hhe.
saat alarm HP berbunyi tepat jam setengah enam mulai berat buat ngangkat badan sendiri tapi sadar harus ngjalanin kewajiban. Iah padahal punya niat buat nyuci tapi rasa ngantuk mengalahkan semuanya dan akhirnya gue lanjutin lagi buat tidur hhe..
kebangun lagi sekitar jam setengah delapan langsung inget cucian dan memilih merapihkan mana yang harus gue cuci tapi pas sampe tempat cuci semua mesin cuci dipakai :p damn gue telat dan keduluan orang lain.
Balik lagi ke kamar ngga lama temen gue ngajak beli nasi kuning cuaca abis ujan pagi itu bahkan jam 9 pagi matahari nggan buat berkedip membuat perut makin berasa buat diisi.
Sebungkus nasi kuning dan gorengan pun dibeli tapi sampai dikosan gue ngga langsung makan karna gue harus kembali ngurusin cucian gue. Tapi pas turun dari tangga, mas suryo manggil gue “ayo mulai sekarang sal, mana anak2 yang lain?” udah dari 2minggu yang lalu emang mas suryo mau ngajakin buat bikin workshop tentang linux dan jaringan sama anak2 IT yang ngkos di tempat gue, tujuannya karna regenerasi kepengurusan tim enam yang selama ini udah nanganin server di kosan gue karna anak2 yang ada di tim enam ada beberapa orang yang udah lulus dan mungkin akan meninggalkan kosan. “waduh gue beloman mandi ini. bentar mas saya panggil nisma dulu” pas dicari kekamarnya itu orang malah kaga ada dan ternyata dia lagi mandi haha cuma ada 3 orang yang ikut workshop pagi itu gue, nisma, dan mas sholehan tapi dari semuanya cuma gue yang beloman mandi haha.. “bodo ah yang penting wangi”😀
diawal kita belajar mengenal apa itu linux beberapa distro linux dan terus membahas tentang directory , kernel dan yang lainnya, tapi intinya tetep “sebuah pengenalan” ngga terasa workshop dari jam 9 sampai terdengar bunyi adzan dzuhur. Emang bener2 ngga kerasa buat gue mungkin karna cara mas suryo menyampaikannya dengan begitu baik sampai gue sebagai pendengarnya ngerasa nyaman belajarnya dan belajar juga ngga 1arah gue dapet bebas tanya apa aja tentang linux yang sebenernya akhir2 ini lagi gue pelajari. Selesai workshop hari itu dan gue ngedenger kata2 yang bikin gue semangat mas suryo bilang “minggu depan lanjut iah” yessss. :))
gue ngga akan sia2 in ini semua. Selesai wrksop gue ngga langsung pergi gue minta tolong sama mas suryo buat benerin linux di laptop gue karna VGA yang ada di laptop gue ngga cukup bagus buat support linux jadi perlu tambahan driver dari luar yang nginstalnya aja bikin gue stress karna ada program yang konflik, kalo di wind*ws sih gampang kalo ngadepin masalah kaya gitu lah linux? Muter2 sampe koprol gue :p
ternyata saat nginstal perlu koneksi dari internet makanya posisi pindah dari gazebo ke ruang tv karna disana kita bisa narik kabel internet dari PC yang ada di kantor. Mas suryo udah bilang “ini jangan sampe mati iah laptopnya kalo mati gawat ini” eh ngga beberapa lama itu laptop mati karna colokan yang gue pake kendor dan batre laptop pun habiss😦
pas coba di nyalain malah eror itu laptop gue, tambah aja dah kerjaan gue dan mas suryo,terus mas suryo bilang “udah dikamar kamu aja ngerjainnya nanti tinggal tarik koneksi dari kamar kamu” siapin semuanya dan mulailah kita berjuang yang pertama gue lakuin adalah membackup semua data2 yang penting yang ada di laptop gue karna gue berniat buat babat habis semua yang ada di laptop dan membuat partisi ulang karna partisi yang kemarin gue bikin juga kacau hhe..
disini gue ditinggal sama mas suryo dan selesai semuanya di backup gue ke kamar mas suryo untuk manggil beliau, dimulai dengan kembali menginstal windo*s karna sistemnya mau gue buat sama yaitu double OS. Setelah selesai nginstal ulang windows kembali gue nginstal linuxnya. Tarrraaaa…
selesai semua windo*s dan ubuntu udah ada lagi di laptop gue tapi disinilah kembali semuanya diambil alih oleh mas suryo lagi, gue sibuk nyari tutor dan mas suryo yang main di terminal.
Setelah didapat langsung kita praktekin di terminal, okeee beberapa tahap terus gagal karna ada aja masalah yang muncul pas terminal ntah apa lah itu saking banyaknya gue sampe lupa.
Kamar gue jadi tempat berbagi ilmu tadi karna ngga cuma gue sama mas suryo tapi beberapa orang ikut bergantian masuk buat ngdiskusin semuanya. iah diskusi, lagi pusing2 mikirin semua tapi sambil diskusi tentang ilmu yang lain juga hhe.
Sampai akhirnya abis magrib resolusi laptop gue bisa naik dan sumpah iah gue dan mas hendro yang kebetulan dari ashar sampai magrib ikut dikamar gue langsung bilang “alhamdulillah” tapi baru bilang gitu mas suryo bilang “sebentar jangan seneng dulu kita liat setelah di reboot dan ternyata setelah di reboot itu resolusi malah turun lagi😦
lemes banget sebenernya dari pagi belum mandi makan nasi kuning yang harusnya dimakan pagi hari tapi baru dimakan jam 4sore. Ngga enak juga sama mas suryo karna dari pagi udah gue repotin dan sebenernya pengen bilang “ mas nanti aja diterusi besok” tapi disitu gue ngliat mas suryo yang bener semangat buat ngebenerin bikin segen untuk gue bilang kaya gitu. Mas hendro pergi tinggalah gue dan mas suryo berdua dan akhirnya jam 8lewat kita erhasil mecahin permasalahannya.
Alhamdulillah resolusi gambarnya bisa naik juga, tapi mas suryo masih semangat dia terus2an buka terminal sambil ngajarin gue, gue tau dia belum makan dari tadi siang tapi semangatnya itu yang bikin gue salut sama beliu.
Sampai hampir jam 9 mas suryo pun kembali kekamarnya lagi. Jujur hari ini pengalaman dan ilmu yang baru gue dapein dari semuanya, ngga cuma ilmu komputer tapi juga ilmu buat ngjalanin kehidupan karna disela2 kita ngutak-ngatik linux mas suryo pun cerita tentang bagaimana buat ngjalananin kehidupan.
Satu pesen mas suryo yang akan selalu gue inget adalah “KALO KAMU PUNYA MASALAH, APAPUN MASALAH ITU. JANGAN LANGSUNG TANYA PADA ORANG LAIN TAPI TANYA PADA DIRI SENDIRI KENAPA SEMUANYA BISA TERJADI DAN COBA BUAT MENYELESAIKAN SEMUANYA. SAKIT MEMANG SAKIT TAPI DARI RASA SAKIT ITU KITA BELAJAR DAN DARI SITU KITA BANGUN SEMUANYA KEMBALI”

terima kasih mas suryo hari ini udah ngisi hari saya dengan begitu baiknya hingga mungkin ngga ada yang terbuang percuma karna semua ilmu yang diberikan🙂

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: