cerita dari Asean Blogger Conference #Bali

Hari pertama:
Pagi itu saya menuju Kuningan untuk bertemu mbak cici yang sebelumnya sudah janjian untuk pergi ke bandara bareng, tapi ternyata ngga Cuma berdua ternyata mbak cici juga udah bikin janji sama mas saif dari malhikdua yang juga di undang Assean Blogger.
Sampai di bandara jam 11:30 sementara pesawat baru terbang jam 14:30. Punya waktu banyak buat istirahat dan nyobain tidur di bandara :p
Tapi dibandara ternyata kita juga ngga Cuma bertiga, ngga lama beberapa blogger jabodetabek, bandung bahkan Palembang yang ternyata jadwal keberangkatannya pun sama. Mulai ngobrol-ngobrol, foto bareng. Iah hal yang tepat sampai menunggu jadwal keberangkatan.


Akhirnya Kita terbang jam 15:00 pesawatnya delay dan katanya itu hal yang biasa terjadi di beberapa maskapai penerbangan di Indonesia *hal seperti itu ko dijadikan kebiasaan :p

Penerbangan Jakarta-Bali kurang lebih menempuh waktu satu setengah jam. Alhamdulillah saya sampai dengan utuh karna itu menjadi pertama kalinya saya terbang #BukaAIB :p

Para peserta disambut dengan kalungan bunga dari mbak ijul yang memang menjadi panitia pada acara tersebut. Dan ngga lama kita langsung pergi ke hotel.
Sesampainya dihotel ngga makan waktu banyak karna malam itu kami semua diundang untuk menghadiri acara ulang tahun komunitas bloger Bali kita semua mendapat jamuan yang baik disana. Live music dari band asli bali menjadi penghantar makan malam kita.

Jam 21:30 kita semua kembali ke hotel, terlihat wajah-wajah lelah karna perjalanan dari masing-masing kota para peserta dan sesampainya dihotel kita semua pun beristirahat.

Hari kedua:

Hari ini acara inti pun dimulai pagi-pagi sekali

kita semua menuju Museum Pasifika di kawasan nusa dua Bali. Pengamanan sepanjang kawasan Nusa dua pun begitu ketat karna aka nada acara Assean summit yang akan didatangi oleh beberapa petinggi dunia termasuk Obama.
Sempat bus yang kita gunakan menuju Museum Pasifika juga menjadi korban keamanan tersebut. Untuk dapat masuk kawasan Nusa dua bus yang kami gunakan harus melewati jalan lain karna jalan utama sudah mulai ditutup.
Sesampainya di Museum Pasifika kita semua bergegas karna acara itu harus segera dimulai karna para tamu undangan yang lain juga sudah pada datang.

Bapak Tifatul Sembiring pun saat itu membuka acara Assean blogger yang dihadiri hamper 200 blogger dari berbagai komunitas di Indonesia dan perwakilan dari beberapa Negara Assean lainnya.

Dan setelah bapak Tifatul membuka acara tersebut kemudian disambung oleh komentar dari president of Asean blogger community chapter Indonesia yaitu bapak iman brotoseno selama berpidato beliau menekankan tentang semangat solidaritas sesama blogger dan juga beliu meminta maaf atas kesalahan dan ketidaksiapan di acara tersebut karna factor sponsor dan lain-lain.
Acara dilanjutan dengan coffe break. Dan setelah itu masing-masing perwakilan dari Negara asing pun bergantian untuk menceritakan bagaimana para blogger di negaranya masing-masing.
Dimulai perwakilan dari phillipines yaitu Tonyo Cruz dan saira. Lalu perwakilan dari Malaysia Irwan abdurahman. Vietnam, camboja, laos, brunai darusallam sampai perwakilan dari Thailand.
Mereka semua menceritakan bagaimana kehidupan para blogger disana. Dari mulai segi kebebasan untuk berekspresi, bahkan bagaimana disana menggunakan jejaring social layaknya facebook dan twitter. Dan satu hal yang saya kaget adalah karna di Vietnam karna kebijakan Dari pemerintahnya mereka tidak diperbolehkan untuk mempunyai account facebook. Disana facebook dilarang dan kalian bisa bayangkan setiap malam mereka ngga ada pelampiasan penggalauan mereka #loooooh :p
Mereka disana menggunakan jejaring social bernama zing. Kalo ngga salah jejaring social tersebut dibuat oleh mereka sendiri.
Sebuah sisi yang bertolak belakang kalo disamakan dengan Indonesia karna pengguna facebook di Indonesia masuk ke dalam 5 besar Negara yang paling gemar menggunakan facebook.

Setelah acara tersebut para peserta dibagi menjadi 3 kelompok untuk mengadakan diskusi dan mendengarkan aspirasi dari masing-masing blogger yang ada guna membicarakan deklarasi assean.
Dan setelah itu para blogger pun kembali disatukan dalam satu ruangan untuk mendengarkan aspirasi dari setiap masing-masing kelompok blogger yang tadi telah didikusikan oleh masing-masing kelompok.
Dari ke tiga kelompok itu ada beberapa point. Yaitu:
-bisa memberikan dukungan antara sesame blogger Asean.
-adanya wadah yang menampung para blogger untuk menampung semua ide dan informasi dari berbagai Negara Asean.
-adanya perlindungan hukum untuk blogger
-kebebasan berpendapat
-independensi.
-tidak adanya kepentingan politik. Dan lain sebagainya.
Dari beberapa point tersebut akan dibicarakan kembali agar bisa masuk kedalam deklarasi yang akan dibuat.

Acara selanjutnya adalah pengisian materi dari beberapa orang yang sudah kompeten dibidang masalah blog, media social, ITE dan lainnya. Dan berikut adalah nama-nama orang yang terlibat dalam acara pengisian materi ini.
1. Onno W. Purbo
2. Rika Amrikasari
3. Nukman Luthfie
4. Enda Nasution
5. Anggara Suwahyu
6. Donny bu
7. Mike Orgil (Google Public Policy Southeast Asia), dan
8. Shinta Dhanuwardoyo

Setelah pengisian materi tersebut para peserta kembali membicarakan tentang berapa point deklarasi yang disiang harinya sudah dibicarakan Agar bisa dituangkan kedalam deklarasi.
Agak sedikit sengit disini karna masing-masing Negara mempunyai pendapatnya masing-masing.
ada yang ingin sekali mendapatkan kebebasan dalam berekspresi dilain sisi ada juga yang harus terbentur karna peraturan demokrasi negaranya masing-masing karna standart “kebebasan” yang berbeda. Sampai akhirnya disepakati bersama dan dibuat 7 point tambahan.

Masuklah ke acara “signing ceremony” dimana para blogger dari Indonesia menggunakan batik dan Negara lainnya menggunakan baju kebesarannya masing-masing.
Beberapa sambutan dari perwakilan Deplu dan duta besar masing-masing Negara asean sampai akhirnya acara malam itu ditutup oleh makan malam dan tarian tradisional dari Bali.

Hari ketiga:

Seharusnya hari ini adalah hari yang bisa dibilang sangat menyenangkan bagi para blogger semua karna hari ini kita dijadwalkan untuk mengikuti tour kebeberapa objek wisata di Bali seperti yang tertera dijadwal yang telah ada.
Tapi apa mau dikata, semua ngga sesuai dengan jadwal. Karna berbagai macam alasan yang ada
Kita ngga jadi ke 4 objek yang ada di jadwal sebelumnya yaitu:
1. ASEAN fair
2. Istana karangasem
3. Desa budaya, dan
4. Pasar sukowati.
Tapi hari itu kita semua di lempar ke GWK (garuda wisnu kencana) :p

Dan akhirnya kami pulang ke kota kami masing-masing sesuai dengan jadwal pesawat yang telah ada,
Walaupun saya menjadi korban kedatangan Obama di KTT Asean sampai pesawat yang saya naiki harus delay kurang lebih 2jam :p

Iah sepertinya ekspektasi para blogger terhadap acara ini terlalu tinggi tapi akhirnya kita juga harus menerima kenyataannya kalo acara ini terkesan kurang siap dari berbagai macam yang ada.
Kesempurnaan memang hanya milik andra and the backbone #alaaaah *itu lagu :p
Semoga ditahun berikutnya acara ini bisa lebih baik lagi dalam berbagai macam aspeknya.
Terimakasih Asean Blogger🙂

Single Post Navigation

10 thoughts on “cerita dari Asean Blogger Conference #Bali

  1. ada foto gueee!! yaps.. setuju.. banyak yg kecewa sama acara ini karena ekspektasinya terlalu tinggi.. atau karena informasi yang diberikan penyelenggara kurang lengkap.. jadi miss persepsi.. :p

    btw, tetep di nikmati aja lah yaaaaa…😉

  2. yang penting bisa ke Bali gratis dan naik pesawat pula. Enjoy aja bro. hihihihi

  3. mbak luvie & om brad : hhe iah alhamdulillah aja iah udah terbang dan makan gratis disana, kapan lagi bisa jalan jauh gratisan =))

  4. Wuaaah udah bikin laporannya ya? saya beluuuum. hehehe. Banyak hal di luar harapan ya, tapi banyak hal seru pula yang bisa dinikmati. Mudah2an suatu waktu bisa ketemu lagi ya Sal, dan sekamar lagi. hahaha

  5. mas iwok : iah mas takut keburu lupa nanti detailnya😀
    pastinya banyak banget hal yang diluar harapan termasuk tidur dengan suara dengkuran😛
    ngomong-ngomong suara itu saya rekam loh mas =))
    sampai ketemu lagi iah mas dilain kesempatan😉

  6. suksek ya kayaknya acara di bali. sebebf bisa naek pesawat rame2… pasti rame itu pesawatnya diisi blogger dari mana2..

  7. hhe iah kka bre, lumayan bikin pusing pramugari sama tingkah para blogger :p

  8. Selalu berkunjung sobat🙂
    Main k blog Ane ya gan

    Klik 4information y gan🙂

    Komentar di tunggu sobat
    Jangan lupa follow jga🙂 ( follow back )

    Salam blogger

  9. Hehehe.. biar bagaimanapun namanya blogger mah tetap seru dimana sajah..

    tul ga?

  10. betul betul betul🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: