Payung Teduh : sebuah lantunan indah.

Berawal dari sebuah acara di taman lingkar perpustakaan UI pertengahan tahun 2011. Niatnya mau liat GIG ERK (Efek Rumah Kaca). Tapi sesampainya di tempat bukan langsung disuguhi music ERK tapi gue denger music yang berbeda dari satu band yang gue sendiri ngga tau siapa mereka tapi music mereka bener2 nyaman di telinga. Mulai penasaran sampe akhirnya diakhir mereka manggung si pembawa acara teriakin nama mereka “Payung Teduh”. iap, akhirnya gue tau nama band mereka.

dan sampainya dikosan rasa kepo gue mulai muncul.  gue langsung cari tau siapa mereka Lewat mbah google dan akhirnya gue tau lebih jelas siapa mereka sebenarnya.

Disunting dari biography blog mereka :

Payung Teduh lahir dari dua orang sahabat yang berprofesi sebagai pemusik di Teater Pagupon yang senang nongkrong bersama di kantin FIB (Fakultas Ilmu Budaya) Universitas Indonesia,  mereka adalah Is dan Comi  yang senang bermain musik bersama di kantin, selasar gedung kampus, tepi danau hingga event – event di luar kampus. Secara tidak sadar kebersamaan mereka dalam bermain musik telah menguatkan karakter bermusik mereka dan telah disadari bagi orang-orang sekitar yang sering menyaksikan mereka bermain musik bersama. 

Payung Teduh terbentuk pada akhir 2007 dengan formasi awal Is dan Comi, sadar akan eksplorasi bunyi dan performa panggung pada tahun 2008 Payung teduh mengajak Cito untuk bergabung bersama sebagai drummer lalu mengajak Ivan sebagai guitalele player pada tahun 2010. Angin Pujaan Hujan ialah lagu pertama yang memunculkan warna mereka sendiri. Seiring berjalannya waktu tercipta pula lagu-lagu lainnya seperti Kucari Kamu, Amy, Untuk Perempuan Yang Sedang Dalam Pelukan, juga termasuk karya-karya dari pementasan teater bersama Catur Ari Wibowo seperti Resah, Cerita Tentang Gunung dan Laut, serta karya Amalia Puri yang berjudul Tidurlah dan Malam. Dan pada akhirnya Payung Teduh memutuskan untuk membuat album indie pertamanya yang dirilis dipenghujung 2010.

Ngga sampai disitu sedikit membandel gue cari music mereka dari sebuah web music indie dan ternyata album mereka ada disitu.
sampai lama-kelamaan gue mulai jatuh cinta dengan music mereka. Lantunan music mereka yang menurut gue kental akan unsur kroncong dan jazz walau mereka tidak membatasi apa jenis music mereka dan lebih menyerahkannya dari pendengar.

Musik mereka adalah suatu kesatuan yang indah suara contrabass sampai gitar yang di petik oleh sang vokalis dari lirik lagu mereka yang puitik mampu menyihir para pendengarnya.
dan sekarang mereka masuk dalam band yang wajib di liat penampilannya setiap mereka manggung🙂

Single Post Navigation

2 thoughts on “Payung Teduh : sebuah lantunan indah.

  1. Wah keren, gw dengerin musiknya bagus.

Leave a Reply

