sistem informasi dan cakupannya

Saat ini, informasi menjadi kebutuhan penting untuk menunjang kebutuhan hidup. Informasi tercipta dari apa? Informasi tercipta dari pengolahan berbagai data baik dalam bentuk teks, gambar, audio, video dan lain sebagainya. Jadi bisa di bilang bahwa Informasi diperoleh dari hasil pengolahan Data. Setelah dapat dapat Informasi mau di apakan?? Informasi yang kita peroleh akan menjadi pengetahuan(Knowledge) dan selanjutnya menciptakan kebijaksanaan(wisdom).
Ketika kita pergi ke swalayan, ketemu dengan customer service. Atau ingin berbelanja lewat internet maka kita situs e-comerce. Customer service, E-Commerce, E-Learning, E-Library, Sistem informasi akademik dan lain sebagainya disebut sebagai sistem informasi. Bedanya apa? bedanya kalo customer service itu tidak terkomputerisasi sedangkan pada e-comerce, E-Commerce, E-Learning, E-Library itu sudah terkomputerisasi. Jadi sistem informasi tidak selalu terkomputerisasi. Namun uraian di bawah membahas sistem informasi yang terkomputerisasi.
Jadi apakah sistem informasi tersebut? sistem informasi berasal dari kata sistem dan informasi. Sistem berarti kumpulan dari metode, prosedur, rutinitas yang diformulasikan untuk melakukan aktifitas, tugas atau memecahkan masalah. Sedangkan informasi? sudah dijelaskan di atas . Jadi sistem informasi adalah kumpulan elemen atau komponen yang terdiri dari input, proses dan output berupa informasi untuk memenuhi tujuan tertentu(organisasi).
Jenis-jenis sistem informasi Berdasarkan hirarkies , sistem informasi bisa di bagi menjadi :

• Transaksional Sistem Informasi : merupakan sistem informasi dimana proses di dalamnya berupa transaksi data(CRUD) secara berulang-ulang ke dalam database. Biasanya level ini dilakukan oleh staff EDP(Electronik Data Processing)
• Managerial Sistem Informasi : pada level ini dalam sistem informasi sudah ada fitur untuk melihat rekapitulasi data berupa pelaporan. Informasi yang dihasilkan SI pada sistem ini dimanfaatkan oleh staff pada level manager.
• Ekskutif Sistem Informasi : pada level ini, sistem informasi sudah bisa menjadi acuan dalam mengambil keputusan(Decision Support System). Fitur SI ini dimanfaatkan oleh level ekskutif(Direktur Utama)
Dalam cakupannya Sistem Informasi menekankan kemampuan dalam merancang, mengembangkan, dan menerapkan sistem informasi organisasi. Jurusan ini yang lebih berfokus pada pengintegrasian solusi berbasis teknologi informasi dengan proses bisnis untuk memenuhi kebutuhan informasi bisnis dan usaha-usaha lain, yang memungkinkan tercapainya tujuan sebuah organisasi dengan efektif dan efisien.

Cakupan ilmu Sistem Informasi fokus pada teknik mengintegrasikan solusi teknologi informasi dengan proses bisnis agar kebutuhan organisasi akan informasi dapat terpenuhi. Menekankan pada “informasi” sebagai sebuah sumber daya penting dalam berproduksi, terutama dalam kaitannya kebutuhan korporasi dalam pencapaian visi dan misi yang dicanangkan. Mempelajari aspek penting bagaimana “informasi” diciptakan, diproses, dan didistribusikan ke seluruh pemangku kepentingan dalam institusi.

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: