Internet sehat aman di tengah maraknya kejahatan di dunia maya

Internet sehat aman di tengah maraknya kejahatan di dunia maya

Abstraksi
The development of information technology, which moves rapidly through computer media, was born innovation naming internet. The existence of this internet changes new paradigm for the patterns of human’s life from the real characters changing into transparent reality (virtual). In one side, the existences of internet are very useful for human being but the other sides it brings the big negative effects. Within the existence of internet, in the beginning it has conventional character such as; posing a threat, robbing and deception at this time it can be done with using internet media in online. Therefore the technology changing which move rapidly with crime of many kinds of motivation, it needed soon the law. This law must be suitable to guarantee of law assurance. Inspite of the needed of suitable law as soon as possible, it also needs preventive method to prevent this cyber crime. This thesis will explore more about the maintenance of law Cyber Crime in Indonesia neither in penal medium nor non-penal.

Pengatar
Pengguna internet di dunia meningka pesat dalam beberapa tahun belakangan ini. Berdasarkan statistic dari internetworldstats.com, pengguna internet tahun 1998 masih dibawah 200juta, namun saat ini pengguna internet telah mencapai 1,8 miliar pengguna mulai dari anak-anak hingga dewasa. Jumlah tersebut merupakan 26% dari penduduk dunia. Di Indonesia sendiri pengguna internet mencapai 30juta orang atau sekitar 12,5% dari populasi penduduk di Indonesia dengan remaja sebagai pengguna yang paling dominan mencapai 64% dari pengguna internet Indonesia.

Internet sebagai sarana korespondensi
Sebagai teknologi yang efesien dan efektif melalui surat elektronik atau email, ataupun komunikasi langsung menggunakan instans messaging seperti yahoo messager, Gtalk dan lainnya. Jumlah email yang terkirim setiap detiknya mencapai lebih dari 2 juta email. Instans messaging yang diawalnya hanya dapat dilakukan komunikasi melalui tulisan kini telah berkembang sehingga memungkinkan pembicaraan langsung melalui suara, gambar, maupun video. Salah satu layanan instans messaging yang paling banyak digunakan untuk melakukan percakapan video (video conference) adlaah skype.
Pencarian informasi apapun dapat dilakukan melalui internet. Mulai dari berita terkina, artikel, ilmu pengetahuan dan teknologi, maupun informasi lainnya. Selain portal dan situs kita juga bisa melakukan pencarian mengunakan mesin pencarian. Pengguna internet juga dapat ikut serta untuk berbagi pemikiran dan informasi di internet melalui situs oribadi (blog), mailing list (milis) maupun komuniats dan forum lainnya. Pengguna juga dapat berbagi music, video dan data lainnya melalui image hosting, file dan video sharing lainnya adalah imeem, youtube dan rapidshare internet juga dapat digunakan untuk transaksi finansial seperti transfer uang maupun pembayaran tagihan termasuk layanan jual beli dan lelang secara online.

Dampak negative perkembangan Internet
Namun demikian perkembangan internet yang pesat ini menimbulkan dampak negative dan bahaya. Divisi child online protection dari International Telecommunication Union (ITU) mengungkap fakta mengejutkan dari dampak negative internet pada anak dan remaja. Disebutkan bahwa 30% remaja di Amerika serikat pernah mengalami pelecehan seksual via internet, 30% remaja di China ketagihan internetdan 44% remaja di Cina berinteraksi dengan orang yang sama sekali belum mereka ketika online di internet. Menurut fraudpreventionship.com kerugian akibat pencurian identitas kartu kredit di tahun 2007 mencapai 52,6 miliar USD. Symantec melaporkan terdapat 711.000 virus computer baru di tahun 2008. Itu artinya perkembangan virus baru bertambah hamper 2000 virus perhariya.
Oleh karna itu pemerintah bersama komunitas TIK yang peduli terhadap dampak negative penggunaan internet merncang program yang diberi naman internet sehat dan aman, program ini mulai dilaksana ada awal tahun 2009. Secara garus besar pemeritah memiliki strategi nasional yang dilakukan dalam tiga pendekatan untuk mengantisipasi kejahatan tindak pidana di bidang teknologi informasi yaitu pendekatan Teknologi ,pendekatan Hukum dan Sosiokultural.

Hal-hal yang dilakukan pemerintah
Melalui pendekatan teknologi pemerintah telah menyusun beberapa standart teknis, membentuk ID-SIRTII (Indonesia – security Incident Response Team On Information Infrastrucure) membangun community Acces Point (CAP), desa pintar maupun warung masyarakat Informasi (warmasif), dan lain-lain. Selain itu pemerintah bersma komunitas TIK yang peduli terhadap dampak negative penggunaan internet juga membentuk ID-CERT (Indonesian-Computer Emergency reponse Team) , mendorong informasi industry kreatif di bidang software aplikasi dan kkonten dengan menyelenggarakan Indonesia ICT Award (INAICTA), membua dan mengembangkan perangkat internet sehat & aman untuk anak Indonesai (PERISAI) maupun perlindunngan menggunakan daftar informasi sehat dan terpercaya (trust positive). Pemerintah juga meningkakan kordinasi dengan penyelenggaraan system elektronik seperti asosiasi IT, operator telekomunikasi maupun perbankan. Salah satu yang menonjol adalah Nawala Project yang digagas asosiasi warung Internet Indonesia (AWARI), berupa DNS filtering yang akan menyaring dan memblokir jenis konten negative yang tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan, nilai dan norma social, adat istiadat dan kesusilaan bangsa Indonesia seperti pornografi dan perjudian. Selain itu nawala project juga memblokir konten berbahaya seperti malware, sius phising (penyesatan) dan lainnya.
Pendekatan hokum dilakukan melalui undang-undang nomor 11 tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik (UU ITE) yang disahkan pada 21 April 2008 yang lalu. Sebagaimana diketahui UU ITE disusun dengan tujuan untuk menjamin kepastian hokum dibidang informasi dan transaksi elektronik dan sebagai perlindungan hokum kegiatan atau aktifitas berbasis elektronik dari potensi kejahatan dan penyalahgunaan teknologi dalam UU ITE, secara tegas dinyatakan tentang perbuatan yang dilarang antafra lain tentang distribusi dan atau transmisi konten illegal (kesusialaan, perjudian penghinaan, pemerasan, pengancaman, berita bohong, dan SARA); akses illegal; illegal interception; system interference dan misuse of devise. Undang-undang ini menganut asas yurisdiksi ekstra territorial yang dapat menjerat seluruh kegiatan penyalahgunaan informasi dan transaksi elektronik dimanapun yang merugkan Negara Indonesia
Oleh karna itu UU ITE terus di sosialisasikan ke berbagai kalangan masyarakat.
Melengkapi kedua pendekatan teknologi dan pendekatan hokum tersebut, pemerintah melakukan pendekatan sosio kultural dengan mempromosikan program internet sehat dan aman kepada seluruh lapisan masyarakat, mulai dari orang tua/keluarga, guru/tenaga penddik, aparat,penegak hukum, akamidisi, komunitas, lembaga pemerintahan, keagamaan,social kemasyarakatan dan lain-lain, kegiatan promosi internet sehat dan aman yang akrab disebut dengan INSAN ini dilakukan memberi pemahaman yang cukup tentang penggunaan internet secara bijak, mengetahui bahaya internet dan antisipasinya, serta menumbuhkan semangat berinternet secara sehat dan aman. Untuk kementrian komunikasi dan informasi menyelenggarakan berbagai kegiatan promosi internet sehat melalui sosialisasi workshop, seminar, pameran,road show hingga dialog interaktif di beberapa kota selain itu kementrian komunikasi dan informasi juga ikut berperan aktif dalam menyelenggarakan kegiatan dari pihak luar yang memiliki visi dan misi menyukseskan internet sehat seha dan aman dengan menyiapkan bahan sosialisasi internet sehat.
Dalam seminar yang diadakan di Batam pada 9 Juni 2010 dengan tema “seminar internet sehat dan aman untuk keluarga” DR Ashwin sasongko selaku direktur jendral aplikasi telematika dalam sambutannya mengatakakn “dampak perkembangan internet sudah sedemikian luas. Sepuluh tahun yang lalu ketika computer banyak dikenal,internet masih lamban dan mahal sekarang maranya perkembangan teknologi, internet semakin murah dan cepat behka ponsel ratusan ribu sudah bisa mengakses internet ini semua menyebabkan konten dan aplikasi berkembang dengan sangat cepat masalah pun muncul terutama karena nilai nilai seperti budaya, social,etika, dan norma yang ada di dunia nyata tidak secara otomatis tertransfer ke dunia maya. Sementara itu hal-hal yang terjadi di dunia maya memiliki dampak juga di dunia nyata. Apabila terjadi kejahatan di dunia nyata. Apabila terjadi kejahatan di dunia nyata. Apabila terjadi kejahatan di dunia maya makan di dunia nyata juga kejahatan. Lebih lanjut dinyatakan sudah banyak kasus erkait di dunia maya terutama mengenai pencemaran nama baik, pornografi dan judi online. Oleh karna itu kami mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama membuat konten local yang positif dan sama-sama mensosialisasikan internet sehat dan aman dari lapisan yang paling bawah, yaitu keluarga. Karne tidak ada filter internet yang lebih baik selain dari diri sendiri dan keluarga.
Program sosialisasi internet sehat aman in imenjadi salah satu agenda yang penting mengingat pertumbuhan internet internet Indonesia yang sangat pesat dan telah menjadi gaya hidup bagi sebagian penduduk kota-kota besar di Indonesia seperti Jabodetabek. Maraknya kejahatan di dunia maya seperti penyebaran virus (termasuk adware, spyware, malware) berita bohong (hoax), kekerasa online, penipuan, pencurian data, penculikan maupun penyebaran foto/video pribadi merupakan bukti nyata bahwa pengguna internet harus memilliki pengetahuan yang cukup tentang antsipasi agar tidak menjadi korban kejahatan di dunia maya.

Single Post Navigation

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: