Review tour Mesakke Bangsaku Pandji Pragiwaksono Depok.

IMG-20130830-00293

Akhirnya the power of kepepet ini dijalankan. Beberapa hari belakangan ini cukup nguras waktu sampe buat bikin #smartreview dari @smartfrenworld ini baru sempet diakhir-akhir waktu *alesan* :p

IMG-20130830-00295

Sebelumnya mau cerita gimana perjuangan gue untuk dapetin tiket nya dulu iah di tiket tawa.
Ngga pake lama setelah akun @standupindodpk kasih tau kalo pembelian tiket udah bisa dilakuin, gue langsung galau, nahloh gue pake galau segala kan. Gue bingung mau beli 1 atau 2 tiket sebenrnya. Masa waktu nonton merdeka dalam bercanda tahun lalu gue sendirian sekarang mesakke bangsaku masih sendiri *beginillah punya pacar yang jauh di kota orang* *curhat * :p
Tapi dengan segala pengorbanan dan liat uang di ATM gue ga mikir panjang lagi gue langsung beli 2 tiket. Iah niatnya kalo emang si pacar atau selingkuhan ngga bisa ikut gue jual 1 tiketnya lagi :))
Dan kegalauan berlanjut malam sebelum hari H, karna si pacar ngga bisa ikut akhirnya dicarilah nomer-nomer mantan #eeeaa😀
Becanda, toh akhirnya gue nonton sama temen kampus gue yang dulunya pacar gue *loooh* :3
Sore itu Depok hujan dan jujur selama hampir 4 tahun di Depok gue sama temen gue ngga pernah tau kalo di Depok ada DTC. Dengan modal google maps kita tembus hujan sore itu. Dan asal lo tau gue sama temen gue hampir diberentiin sama pak polisi gara-gara nerobos lampu kuning yang udah berubah ke merah dan dengan dag dig dug gue sama temen gue teriak ke pak polisi “maafin kita pak” untunglah polisi itu baik hati walau matanya mlotot :))

Photo0282
Grimis, macet dan modal belum tau tempat akhirnya sampelah di DTC. *benerin pantat yg kecapean*
Masih jam 18:40 saat itu, masih banyak bangku yang kosong. Sempet mikir “apa kaga laku ini tiket kenapa udah jam segini masih sepi” mungkin karna gue membandingkan penonton merdeka dalam bercanda tahun lalu di museum gajah yang ruamenya minta ampun. Oia malam itu sebelum temen gue ribut minta duduk paling depan gue udah milih barisan ke tiga, gue Cuma ngga mau gue jadi bahan riffing dia selama acara berjalan. Masih inget jelas gue gimana tampang Sugeng dan temen perempuannya yang di riffing pandji saat merdeka dalam bercanda tahun lalu.
Sampe akhirnya acara dibuka tepat jam 19:10 dengan alunan beatbox dari Riki Wattimene dan Ervan yang agak maksa ngrap lagu pandji yang ngga hafal lyricnya. Lo emang lebih cocok jadi pembawa acara ups salah van, muka lo Vincent banget :)) oia mereka bukan Cuma ng’beatbox tapi mereka juga jadi MC di acara ini.

Nah karna dalam setiap tour #mesakkebangsaku yang di sponsori sama @smartfrenworld dan citilink ini sebelumnya para penonton boleh menyuarakan dan ngasih usul siapa komik local yang kira-kira pantes buat buka #mesakkebangsaku Depok sampe akhirnya coki atau yang lebih dikenal dengan @pardedereza lah yang terpilih. Malam itu coki cukup buat hangat suasana ruangan dengan beberapa bit tentang keluarganya. Eiits.. ngga Cuma coki yang jadi comic pembuka malam itu, pandji juga dalam setiap tournya bawa 1 comic luar dan di Depok giliran comic asal Padang yang di terbangkan oleh citilink ke Depok ngga lain @praz_teguh. Baru kali ini gue liat langsung dia standup karna sebelumnya Cuma liat di TV dan ini orang bit-bit nya bener-bener gila. Dari mulai goyang itik sampe bawain bit dengan cengkok orang ngaji dikeluarin. Ngga salah emang pandji milih dia buat ngbuka #mesakkebangsaku Depok ini.

setelah penampilan @praz_teguh tadi ngga banyak cingcong akhirnya yang ditunggu satu ruangan keluar juga. Yaaap.. akhirnya Pandji dengan blazer putih dan kaos hitam komunitas @standupindoDPK dengan gambar belimbingnya pun jadi bit pertama yang dikeluarkan malam itu.
Seperti biasa dan sesuai sama judul tour nya tahun ini #mesakkebangsaku yang artinya “kasihannya bangsaku” diawal pandji udah bicara tentang kaum minoritas di Indonesia. Seeinget gue saat itu ada cerita tentang temen-temen diffable, etnis tionghoa (cina), gay, UKM yang selama ini masih belum dapat tempat yang layak di Indonesia lebih ke diberikan kesempatan mungkin iah CMIIW.
Dan dari beberapa contoh kaum minoritas itu pandji mengulasnya dengan sisi komedi ala standup comedy iah mungkin itulah kenapa standup comedy dibilang comedy cerdas. Karna kalo orang yang radikal dan ngga santai mungkin udah was-was ada orang yang ngupas sebuah persoalan yang ngga awam buat dijadikan bit standup. Masalah hukum di Indonesia juga ga lepas di bahas sama pandji tentang orang Indonesia yang terlalu membiarkan masalah-masalah yang sebenarnya sudah termasuk pelanggaran hukum, jujur gue baru tau kalo sebenarnya bunyi TOA masjid pun ada perundangan yang mengatur tapi kembali lagi karna masyarakatnya yang lebih punya perasaan “yaudaahlaah” sampe sekarang ngga ada orang yang lapor polisi gara-gara TOA masjid yang ada malah digebukin masyarakat sekitar nanti :))
Dan lagi-lagi bit yang ngupas tentang keluarga pandji sendiri ngga kalah bikin ngakaknya. Dari gimana pandji cerita tentang dia sama Gamila yang udah ngga tidur bareng lagi karna problem pandji dengan ngoroknya dan Gamila dengan ngigo nya *pasangan yang aneh*😀 sampe bit tentang ke absurdan Dipo. “cerita dipo emang ga abis-abisnya kalo dijadiin bahan ketawaan” itu yang ada di dalam hati gue saat itu. Di bit tentang keluarga ini juga gue dapat ilmu yang menarik tentang parenting. Bagaimana pandji sama Gamila yang ngurus anak se jenius Dipo dari bagaimana pola pikir kita yang masih menyuruh anak untuk selalu menghapal padahal itu ga sepenuhnya bener.
Dan seperti yang gue bilang di atas kalo setiap pandji standup pasti ada orang yang kena riffing terpilih lah 1 orang yang duduk paling depan dengan kaki yang menyimpang dengan dengkul ditutupin topi pun KENA jadi bahan riffing “tujuh” hahahaha.. Orang yang udah nonton tour #mesakkebangsaku ini pasti tau apa arti “tujuh” itu :))
Dari awal sampe akhir si “tujuh” abis jadi bahan ketawaan.

pandji

Hampir 2 jam sampe akhirnya pandji menutup acara ini. Dan 1 hal yang ngga biasa adalah setelah acara ini selesai pandji memberikan waktu untuk penonton bertanya ke dia dari mulai bagaimana dia bisa dapat materi tentang pencurian ATM, pendidikan terbaik yang ada di Finlandia sampai ada anak berumur anak 13 tahun yang curhat karna dia di musuhin temen-temennya karna dia menyuarakan sesuatu yang berbeda dan gue masih inget jawaban pandji saat itu “bilang sama temanmu walaupun kita berbeda kita masih bisa bertemen ko” yess. Jawaban yang hebat menurut gue buat ngejawab pertanyaan anak itu. Dan acara malam itu ditutup dengan sesi foto dengan semua penonton #mesakkebangsaku Depok. *gue yang kiri, kucel banget karna seharian workshop dan langsung ke DTC😐 dan lihat bagaimana ekspresi bahagia temen gue. tipis antara bahagia atau norak baru foto sama artis :)))) *

IMG-20130830-WA0001

Yap. Pandji adalah pandji. Gue termasuk orang yang mengikuti dia semenjak album pertama dia provocative proactive. Sampai- sampai mungkin terlalau sering gue denger orang bilang “kenapa lo suka Pandji si sal? Lagunya aja gue ngga paham standup nya ngga lucu” tapi seperti yang pandji bilang sama anak usia 13 tahun tadi “ kita boleh berbeda tapi kita masih bisa berteman kan ” beberapa bit di #mesakkebangsaku ini juga pernah gue denger saat acara endah n rhesa sebelum pergi ke miden di soehana hall saat itu dan ada kalo kalian sering baca blog nya ada beberapa point juga yang diambil dari tulisannya di blog dia tapi you rock man you rock. Tetaplah jadi inspirasi orang banyak. Sampai ketemu di tour lo tahun depan. Thank you. salam lions🙂

IMG-20130830-WA0002

1

Single Post Navigation

Leave a Reply

